Sunday, September 25, 2016

Cara Menyembunyikan File, Foto dan Video di Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Menyembunyikan File, Foto dan Video di Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Menyembunyikan file, foto ataupun video adalah cara ampuh untuk membuat privasi kamu lebih terjaga. Untuk menyembunyikan foto dan video, sebelumnya pernah JalanTikus kasih tahu carnya dengan menggunakan aplikasi KeepSafe.
Tapi ternyata, sekarang kamu juga bisa menyembunyikan file, foto atau video di Android tersebut langsung tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Untuk kamu yang ingin mengetahui bagaimana cara menyembunyikan file di Android tanpa install aplikasi, berikut ini langkah-langkahnya.

Menyembunyikan File di Android Tanpa Install Aplikasi

cara-menyembunyikan-file-foto-video-android-tanpa-aplikasi-tambahan-5
Tujuan utama dari menyembunyikan file-file penting adalah untuk membuat orang lain tidak bisa melihat, mengetahui, bahkan mencari file tersebut. Dengan begitu, file rahasia kamu akan aman dan tidak mudah ketahuan. Bukan hanya foto dan video yang bisa kamu sembunyikan, kamu juga bisa menyembunyikan MP3, dokumen bahkan folder secara langsung tanpa menggunakan aplikasi tambahan.
cara-menyembunyikan-file-foto-video-android-tanpa-aplikasi-tambahan-6
Sebenarnya ada banyak aplikasi di Google Play Store yang memungkinkan kamu untuk menyembunyikan beragam aplikasi, file atau folder di Android. Fitur keamanan dari aplikasi penyembunyi file foto dan video juga bermacam-macam, mulai dari password, enkripsi, pin, pattern bahkan fingerprint.
Akan tetapi, jika kamu menggunakan aplikasi tersebut tentu ada sedikit orang yang mengetahui kegunaan aplikasi itu lalu mulai mencari apa saja file yang kita sembunyikan. Hal lain yang menjadi masalah adalahaplikasi penyembunyi foto dan video yang di-install kemungkinan akan membuat penggunaan memori kamu jadi tambah berat.

Cara Menyembunyikan File Foto dan Video di Android

  • Buka file Explorer (file manager) yang biasa kamu gunakan. Di sini aplikasi yang dipakai yaitu** ES File Explorer**.
  • Cari file yang ingin disembunyikan, jika sudah ketemu klik Rename.cara-menyembunyikan-file-foto-video-android-tanpa-aplikasi-tambahan-1
  • Tambahkan titik (.) di bagian depan nama file tersebut. Jika sudah ditambahkan titik, klik OK. Secara otomatis file tersebut akan menjadi file tersembunyi.cara-menyembunyikan-file-foto-video-android-tanpa-aplikasi-tambahan-2
  • Berikut adalah hasilnya. Foto yang disembunyikan tadi sudah tidak terlihat di Gallery.cara-menyembunyikan-file-foto-video-android-tanpa-aplikasi-tambahan-3
  • Untuk mengakses file tersembunyi tadi, kamu tinggal pilih Show hidden files.cara-menyembunyikan-file-foto-video-android-tanpa-aplikasi-tambahan-4
Dengan cara ini kamu bisa menyembunyikan berbagai hal, mulai dari foto, video, musik, dokumen hingga folder langsung di Android tanpa aplikasi tambahan. Jika kamu masih bingung, kamu bisa share di kolom komentar. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...