Thursday, October 20, 2016

3 Cara Ampuh Mengembalikan 4G Xiaomi yang Hilang

3 Cara Ampuh Mengembalikan 4G Xiaomi yang Hilang

Karena banyaknya pilihan smartphone murah yang dibekali spesifikasi memukau, banyak yang tertarik dengan smartphone keluaran Xiaomi. Bahkan ada yang sampai rela membeli walaupun tidak tersedia secara resmi di Indonesia. Ya kan?
Tapi, belakangan ini para pengguna Xiaomi mengeluhkan masalah konektivitas 4G-nya yang hilang setelah update. Lalu, bagaimana cara mengembalikan 4G Xiaomi yang hilang tersebut?

Cara Mengembalikan 4G Xiaomi yang Hilang

Beberapa waktu lalu, Xiaomi secara bertahap menggulirkan update MIUI untuk pengguna di Indonesia. Namun karena terkendali regulasi TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri), Xiaomi menghilangkan dukungan jaringan 4G di Indonesia pada update terbarunya ini. Hal ini pun membuat beberapa pengguna Xiaomi yang mengaktifkan auto-update merasa kesal.
OH COME ON! THANKS A LOT FOR THE AUTO UPDATE@xiaomiindonesia! Now I'm stuck with a barely useful 3G phone! Jeez.
Berikut beberapa smartphone yang mendapatkan update MIUI 7.5.3.0 dan 4G-nya hilang, yaitu Xiaomi Redmi 3,Redmi 3 Pro dan Xiaomi Redmi Note 3 Pro. Apa kamu termasuk salah satu pengguna Xiaomi yang 4G-nya hilang? Jika iya, ada nih beberapa cara untuk mengembalikan 4G Xiaomi yang hilang.

1. Ganti Locale ke Malaysia

cara-mengembalikan-4g-xiaomi-yang-hilang
Salah satu cara sederhana yang bisa kamu coba untuk mengembalikan 4G Xiaomi Redmi 3 Pro yang hilang adalah dengan mengganti Locale-nya ke Malaysia. Caranya, masuk ke menu Settings - Additional Settings- Locale, lalu ubah menjadi Malaysia. Setelah selesai, silakan masuk Airplane Mode. Setelah Airplane Mode dinyalakan maka 4G kamu akan kembali muncul.

2. Menggunakan Kode Khusus

Jika ternyata cara ganti Locale di atas gagal, jangan bersedih hati. Masih ada cara lain yang bisa kamu coba untuk mengembalikan 4G Xiaomi yang hilang, yakni dengan menggunakan kode khusus. Adapun caranya yaitu:
  • Cabut SIM Card yang ada di smartphone kamu. Karena semua smartphone Xiaomi dibekali Dual SIM, cabut semua SIM Card jika kamu menggunakan kedua slot SIM Card yang ada.cara-mengembalikan-4g-xiaomi-yang-hilang-7
  • Masuk ke Phone Dialer, lalu tekan *#*#4636#*#*.
  • Pilih Phone Info 1, lalu pilih Set Preferred Network Type.cara-mengembalikan-4g-xiaomi-yang-hilang-2
  • Di sana silakan kamu pilih pengaturan CDMA Only.cara-mengembalikan-4g-xiaomi-yang-hilang-3
  • Silakan masukkan SIM Card kamu (sebaiknya masukkan 1 SIM Card dulu yang telah 4G). Lalu masuk ke menu Settings - SIM Card and Mobile Network - Prefered Network kemudian pilih Global atau Prefered 4G (CDMA).cara-mengembalikan-4g-xiaomi-yang-hilang-4
Dalam beberapa kejadian, saat memilih Global ternyata 4G-nya tidak muncul. Maka, sebaiknya kamu langsung pilih saja Prefer 4G (CDMA).

3. Downgrade Versi MIU

Jika kedua cara di atas tidak berhasil, maka kamu bisa coba menggunakan cara terakhir yang lebih menjanjikan, yakni downgrade ke versi MIUI sebelumnya. Tapi risikonya semua data kamu akan hilang. Jadi, disarankan untuk melakukan backup lebih dulu.
  • Terlebih dulu silakan download ROM yang sesuai dengan smartphone Xiaomi kamu disini.cara-mengembalikan-4g-xiaomi-yang-hilang-8
  • Setelah selesai, ganti nama ROM yang kamu download menjadi update.zip.
  • Buka aplikasi Updater di smartphone kamu, lalu klik 3 titik yang ada di pojok kanan atas kemudian pilih Choose Update Package.cara-mengembalikan-4g-xiaomi-yang-hilang-5
  • Silakan pilih nama ROM update.zip yang tadi kamu download. Tunggu hingga prosesnya selesai.cara-mengembalikan-4g-xiaomi-yang-hilang-6
Nah, itu dia 3 cara mudah untuk mengembalikan 4G yang hilang di Xiaomi. Pastikan jaringan di daerah kamu sudah 4G ya!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...