Thursday, October 20, 2016

Lebih Canggih dari Siri! Begini Cara Aktifkan Google Assistant di Android Marshmallow

Lebih Canggih dari Siri! Begini Cara Aktifkan Google Assistant di Android Marshmallow

Bagi kamu yang menyimak perkembangan teknologi, pasti sudah tidak asing dengan yang namanya Google Assistant. Layananvoice assistant terbaru dari Google ini diklaim sangat pintar karena bisa diajak ngobrol hingga minta tolong untuk menjalankan banyak fungsi di smartphone
Saking pintarnya Google Assistant, banyak yang menyandingkannya dengan Siri milik Apple. Sayangnya, Google Assistant sejauh ini hanya bisa digunakan di Android Nougat. Tapi, JalanTikus punya cara agar Android Nougat bisa jalan di.

Mengenal Google Assistant

Berbeda dengan layanan voice assistant Google Now, fungsi Google Assistant jauh lebih kompleks. Kita bisa memberi Google Assistant perintah secara spesifik, seperti memutar musik menggunakan aplikasi tertentu, memutar video di aplikasi tertentu, mencari dan menghubungi kontak di suatu aplikasi hingga mengajaknya ngobrol.
Keberadan Google Assistant pada aplikasi chatting Google Allo menjadikan Google Allo lebih unggul dari WhatsApp dan BBM. Pasalnya berkat Google Assistant, Google Allo bisa diajak chatting dan minta tolong untuk menjalankan berbagai layanan yang terintegrasi Google. Sayangnya, Google Assistant di Google Allo tidak selengkap yang ada di Android Nougat.

Cara Aktifkan Google Assistant di Android Marshmallow

Untuk kamu yang tidak sabar ingin mencoba canggihnya Google Allo, nggak usah nunggu Android Nougat deh. Asal smartphone Android Marshmallow kamu sudah di-root dan terinstal Xposed Installer, kamu bisa mengaktifkan Google Assistant di Android Marshmallow dengan mudah. Caranya:
  • Pastikan smartphone kamu menggunakan sistem operasi Android Marshmallow dan kondisinya sudah di-root. Selain itu pastikan sudah terinstal Xposed Installer.
google-assistant-di-android-marshmallow
  • Selanjutnya, buka Xposed Installer lalu pada tab Download silakan cari modul Assistant Enabler.
google-assistant-di-android-marshmallow-4
  • Setelah terinstal, buka kembali Xposed Installer dan masuk tab Modules. Ceklis pada modul Assistant Enabler, lalu Restart smartphone kamu.
google-assistant-di-android-marshmallow-2
  • Begitu smartphone kamu menyala, silakan tekan dan tahan tombol Home. Jika biasanya yang muncul di Android Marshmallow adalah Now on Tap, berkat modul tadi maka yang akan muncul adalah Google Assistant. Selanjutnya kamu bisa mulai mengajak Google Assistant untuk ngobrol dan dimintai pertolongan.
google-assistant-di-android-marshmallow-3
Catatan: Karena merupakan fitur hasil porting-an, hotword "Ok Google" belum bisa digunakan. Jadi, untuk mengakses Google Asistant, silakan tekan dan tahan tombol Home smartphone kamu.
Mudah kan? Jadi walau belum mendapatkan update ke Android Nougat, kamu bisa mencicipi canggihnya Google Assistant. Setelah dicoba, jika merasa kurang cocok, kamu bisa menghapus modul Assistant Enabler tadi agar Google Now on Tap kembali di Android Marshmallow kamu. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...