Thursday, October 20, 2016

Memori Full? Begini Cara Menghemat Memori Internal iPhone 16GB

Memori Full? Begini Cara Menghemat Memori Internal iPhone 16GB

Berbeda dengan kebanyakan smartphone Android yang dibekali dukungan memori eksternal menggunakan MicroSD, semua iPhone tidak dibekali slot memori eksternal. Sebagai gantinya,Apple menyediakan pilihan memori internal beragam, ada 16GB, 64GB, hingga 256GB. Makin besar memori internalnya, semakin mahal pula harganya.
Agar murah tapi tetap bisa menggunakan iPhone, banyak orang membeli iPhone 16GB. Dampaknya, mereka jadi kesulitan menginstal banyak aplikasi dan menyimpan data. Jadi, gimana ya cara menghemat memori di iPhone 16GB?

Cara Menghemat Memori iPhone 16GB

Buat kamu yang suka foto-foto, selfie dan merekam video, tentu memori 16GB tidak akan cukup. Ditambah banyaknya aplikasi sosial media dan aplikasi chatting. Terus, masa nggak install game di iPhone? Makanya, biar cukup install dan simpan ini itu, yuk hemat memori iPhone 16GB kamu dengan cara berikut:

1. Hapus Foto, Gunakan Layanan Cloud Storage

Tidak bisa dipungkiri, kamera iPhone itu memang keren. Maka tak heran jika kamu jadi suka banget mengabadikan foto pake iPhone. Dampaknya, memori internal kamu cepat penuh oleh foto. Nggak percaya? Cek saja menu Settings - General - Storage & iCloud Usage - Manage Storage, lalu lihat apa yang paling banyak makan memori.
cara-menghemat-memori-iphone-16gb-2
Solusinya, hapus foto (bukan screenshot) yang tidak terpakai. Setelah itu jangan lupa cek folder Recently Deleted, dan hapus foto-foto tidak terpakai yang ada di sana. Jika memang suka foto-foto, ada baiknya kamu gunakan layanan iCloud Drive atau Google Photos untuk menyimpan foto-foto hasil jepretan iPhone 16GB milikmu.

2. Kurang-kurangin Install Aplikasi

cara-menghemat-memori-iphone-16gb
Udah tahu memori internal iPhone cuma 16GB, kamu jangan serakah pengen install aplikasi ini-itu. Pada dasarnya semua aplikasi baru itu sama fungsinya dengan aplikasi lain yang lebih dulu ada, cuma beda UI dan fitur pelengkapnya. Jadi, kurang-kurangin deh install aplikasi yang punya fungsi serupa dengan aplikasi lain yang ada di iPhone kamu.

3. Rajin-Rajin Bersihkan Data Aplikasi

cara-menghemat-memori-iphone-16gb-3
Serunya chatting sama teman dan posting ini-itu di media sosial ternyata bisa membuat memori 16GB di iPhone kamu cepat habis, loh! Pasalnya, banyak data dan cache yang tersimpan di smartphone kamu. Untuk solusinya, silakan kamu coba bersihkan data yang ada di setiap aplikasi yang terinstal di iPhone kamu. Caranya, masuk menu Settings - General - Storage & iCloud Usage, lalu klik aplikasi yang akan kamu hapus Document & Data-nya.

4. Say No to Games

cara-menghemat-memori-iphone-16gb-4
Jika kamu memang menggunakan iPhone dengan memori internal cuma 16GB, ada baiknya untuk tidak menginstal game sama sekali. Tapi jikapun kamu memang bandel dan ingin main game, install game yang memang kamu sering mainkan saja. Jangan setiap ada game baru kamu brutal ingin mencicipinya sampe membuat memori iPhone kamu tekor.

5. Butuh Hiburan? Streaming Aja

Era Internet super cepat 4G LTE harusnya menjadi era baru dalam menikmati banyak hal, termasuk hiburan di smartphone. Jika dulu untuk mendengarkan musik dan nonton video selalu di-download sehingga makan memori, sekarang ada baiknya kamu serba streaming agar memori internal 16GB iPhone kamu tetap lega.
cara-menghemat-memori-iphone-16gb-5
Banyak aplikasi streaming yang tersedia di App Store. Untuk streaming musik, kamu bisa coba Apple Musicatau Spotify dan JOOX. Tapi ingat, streaming ya, jangan download. Jikapun terpaksa, download hanya musik-musik yang memang kamu sukai saja. Dan jika suka nonton, streaming di Netflix atau iFlix bisa membantu menghemat memori internal iPhone kamu.

6. Beli Flashdrive Khusus iPhone

cara-menghemat-memori-iphone-16gb-6
Pengguna Android pasti akrab dengan istilah USB OTG. Nah, USB OTG ini ada juga loh buat iPhone. Jadi, kalo kamu nggak mau memori internal kamu cepat habis tanpa harus hapus ini-itu lagi, coba saja gunakan flashdrivekhusus yang super USB lightning. Sayangnya, harga flashdrive ini cukup mahal, jadi kamu harus nabung dulu.
Nah, buat kamu yang punya iPhone 16GB, sekarang nggak perlu khawatir lagi memori penuh ya. Dengan melakukan langkah-langkah yang disebutkan di atas, pasti iPhone kamu akan tetap lega deh.

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...